Apa yang menjadi dasar penghapusan BMN?

( 1) Penghapusan BMN dari Daftar Barang Pengguna dan/ atau Daftar Barang Kuasa Pengguna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 14 dilakukan dalam hal BMN sudah tidak berada dalam penguasaan Pengguna Barang dan/atau Kuasa Pengguna Barang disebabkan karena: a. penyerahan kepada Pengelola Barang; b. pengalihan status penggunaan …

Apa yang dimaksud dengan penghapusan?

Definisi Penghapusan adalah tindakan menghapus BMD dari daftar barang dengan menerbitkan keputusan dari pejabat yang berwenang untuk membebaskan Pengguna dan/atau Pengelola dari tanggung jawab Administrasi dan fisik atas barang yang berada dalam penguasaannya.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor berapakah yang menjelaskan tentang Penghapusan?

PMK No. 83/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemusnahan Dan Penghapusan Barang Milik Negara [JDIH BPK RI]

Apa itu pemusnahan barang?

1. Pemusnahan adalah tindakan memusnahkan fisik dan/atau kegunaan Barang Milik Negara. 7. Pengelola Barang adalah Menteri Keuangan sebagai Pejabat yang berwenang dan bertanggungjawab menetapkan kebijakan dan pedoman serta melakukan pengelolaan BMN.

Apa yang menyebabkan pengajuan dasar penghapusan BMN tidak kuat?

Penyebab Penghapusan Penghapusan BMN dari Daftar Barang Pengelola dilakukan dalam hal BMN sudah tidak berada dalam penguasaan Pengelola Barang karena: penyerahan kepada Pengguna Barang; pemindahtanganan; sebab-sebab lain yang secara normal dapat diperkirakan wajar menjadi penyebab penghapusan.

Sebutkan hal apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan status hukum barang?

Jawaban:

  • Harga barang itu sendiri. Apabila harga suatu barang semakin murah, kecenderungan permintaan terhadap barang itu akan bertambah dan hal ini berlaku juga sebaliknya.
  • Harga barang lain yang terkait.
  • Tingkat Pendapatan.
  • Selera Masyarakat.
  • Jumlah Penduduk.
  • Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang.

Apa yang dimaksud penghapusan sarana dan prasarana?

Secara lebih operasional penghapusan sarana dan prasarana adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk mengeluarkan/menghilangkan sarana dan prasarana dari daftar inventaris, kerena sarana dan prasarana tersebut sudah dianggap tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan terutama untuk kepentingan pelaksanaan …

Apakah yang dimaksud dengan penghapusan barang inventaris kantor?

Penghapusan (disposal) adalah penyingkiran barang – barang inventaris, karena tidak diperlukan / dipergunakan lagi. Penghapusan barang adalah kegiatan pembebasan barang dari pertanggung jawaban yang berlaku dengan alasan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Siapakah yang berhak menetapkan status penggunaan BMN dan BMD untuk barang idle?

Terkait kewenangan dalam menetapkan status penggunaan Barang Milik Negara, Pasal 14 Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 menyatakan bahwa Status penggunaan Barang Milik Negara ditetapkan oleh Pengelola Barang.

Penghapusan barang milik negara meliputi apa saja?

Menurut PP 27/2014 (pasal 81), penghapusan tersebut meliputi:

  • Penghapusan dari Daftar Barang Pengguna dan/atau Daftar Barang Kuasa Pengguna.
  • Penghapusan dari Daftar Barang Milik Negara/Daerah.

Apa perbedaan antara penghapusan dan pemusnahan barang milik negara?

Sementara itu yang dimaksud dengan “Pemusnahan adalah tindakan memusnahkan fisik dan atau kegunaan BMN, sedangkan penghapusan adalah tindakan menghapus BMN dari daftar barang dengan menerbitkan keputusan dari pejabat yang berwenang untuk membebaskan Pengelola Barang, Pengguna Barang, dan atau Kuasa Pengguna Barang dari …

Apa itu pemusnahan obat?

Pemusnahan Obat adalah suatu tindakan perusakan dan pelenyapan terhadap Obat, kemasan, dan/atau label yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat, mutu, dan label sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Apakah proses penghapusan BMN tidak sederhana?

Proses penghapusan BMN ini tidak sederhana bagi instansi pemerintah. Kenapa demikian? Karena konsekuensi penghapusan tersebut adalah membebaskan Pengelola Barang, Pengguna Barang, dan/atau Kuasa Pengguna Barang dari tanggung jawab administrasi dan fisik atas barang yang berada dalam penguasaannya (pasal 1 poin 23 PP 27/2014).

Apakah video pemusnahan dan penghapusan BMN?

Pembuatan video dimaksudkan untuk menyosialisasikan PMK Nomor 83/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pemusnahan dan Penghapusan BMN. Faktor lain yang meyebabkan pemusnahan dan penghapusan BMN tidak dapat dilakukan karena prosedurnya yang dianggap rumit dan memakan waktu yang lama.

Mengapa Pengelola Barang melakukan penghapusan BMN?

Berdasarkan laporan tersebut, Pengelola Barang melakukan penghapusan BMN dari Daftar Barang Milik Negara. Pemusnahan adalah tindakan memusnahkan fisik dan/atau kegunaan BMN. BMN harus dimusnahkan karena tidak dapat digunakan, tidak dapat dimanfaatkan, tidak dapat dipindahtangankan, atau karena alasan lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Siapa pengelola yang melakukan penghapusan BMN?

Setelah itu Pengguna Barang menyampaikan laporan penghapusan BMN kepada Pengelola Barang paling lama 1 (satu) bulan sejak keputusan penghapusan BMN ditandatangani. Berdasarkan laporan tersebut, Pengelola Barang melakukan penghapusan BMN dari Daftar Barang Milik Negara.