Pulau apa saja yang berada pada batas terluar dari Indonesia?

12 Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) terdiri dari, Pulau Rondo di NAD, Pulau Berhala di Sumatera Utara, Pulau Nipa dan Sekatung di Kepulauan Riau, Pulau Marampit, Pulau Marore dan Pulau Miangas di Sulawesi Utara, Pulau Fani, Pulau Fanildo dan Pulau Brass di Papua, serta Pulau Dana dan Batek di Nusa Tenggara Timur.

Apa nama pulau terluar Indonesia Sebelah barat?

Pulau Rondo terletak di ujung barat laut Propinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD). Disini terdapat Titik dasar TD 177. Pulau ini adalah pulau terluar di sebelah barat wilayah Indonesia yang berbatasan dengan perairan India.

Pulau Rondo di mana?

Pulau Rondo terletak di ujung Utara Sumatera tepatnya di ujung Barat Pulau Weh dan merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan negara India.

Apa yang dimaksud dengan pulau Rondo?

Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Hindia dan bersamaan batasnya dengan wilayah negara India, adalah Kepulauan Nikobar. Pulau Rondo ini merupakan wilayah sangat utara dari Republik Indonesia dan secara administratif merupakan anggota dari wilayah kota Sabang, provinsi Aceh.

Pulau apa Terbesar di Indonesia?

Selanjutnya, pulau terbesar di Indonesia adalah Sumatera. Dikutip dalam buku ‘Ayo Mengenal Indonesia: Sumatra 1’ oleh Munasifah, luas seluruh Pulau Sumatra adalah 473.600 kilometer persegi, hampir seluas negeri Inggris Raya.

Sebutkan nama daerah batas Indonesia Bagian utara terletak pada garis lintang berapa?

Batas wilayah paling utara di 6º 08′ lintang utara adalah Pulau We, yaitu pulau paling utara di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Batas wilayah paling selatan di 11º 15′ lintang selatan adalah Pulau Rote, yaitu pulau paling selatan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pulau yang terletak di wilayah Indonesia bagian barat adalah pulau apa?

Pulau paling barat di Indonesia bukan lah Pulau Weh tapi Pulau Benggala. Pulau Benggala sebagai daratan paling barat di Indonesia, sekaligus pulau paling barat di Indonesia memang hanya sebuah pulau kecil tidak berpenghuni. Namun dari titik ini lah luas wilayah Indonesia ditetapkan.

Pulau apa saja yang ada di barat Indonesia?

Adapun pulau-pulau di bagian barat yang masuk ke dalam WIB antara lain: Pulau Sumatera. Pulau Kalimantan, namun hanya bagian barat dan Kalimantan tengah.

Pulau Miangas terletak di mana?

Sulawesi Utara
Miangas/Province
Secara geografis Pulau Miangas terletak pada 5o 33′ 15” LU / 126o 35′ 18” BT. Luas Pulau Miangas 3,2 Km2. Secara administrasi merupakan bagian dari Kecamatan Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Jarak Pulau Miangas dengan Manado (Ibukota Provinsi Sulawesi Utara) sekitar 274 mil laut.

Dimanakah letak Pulau Rondo dan pulau Nicobar?

Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Andaman dan berbatasan dengan wilayah negara India, yaitu Kepulauan Nikobar. Pulau ini merupakan wilayah paling utara dari Republik Indonesia dan secara administratif merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, Provinsi Aceh.

Apa wilayah Indonesia paling utara?

Pulau Miangas masuk dalam kategori wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang merupakan pulau yang terletak paling utara di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina.

Apakah Kalimantan termasuk pulau besar di Indonesia?

Kalimantan Kalimantan atau juga disebut Borneo pada zaman kolonial adalah pulau terbesar ketiga di dunia. Pulau tersebut termasuk dalam wilayah tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei.