Apa yang dimaksud dengan teori Tengah Ibnu Miskawaih?

Ia memandang bahwa ilmu jiwa memiliki keutamaan sendiri dibandingkan dengan ilmu-ilmu jiwa lainnya. Ajaran etika Ibnu Miskawaih berpangkal pada teori jalang tengah. Intinya menyebutkan bahwa keutamaan akhlak secara umum diartikan sebagai posisi tengah ekstrem kelebihan dan ekstrem kekurangan masing-masing jiwa manusia.

Filsafat apakah yang menjadi perhatian Ibnu Miskawaih?

Ibnu Miskawaih adalah salah seorang cendekiawan Muslim yang berkonsentrasi pada bidang filsafat akhlak. Ibnu Miskawaih lebih dikenal sebagai filsuf akhlak daripada sebagai cendekiawan muslim yang ahli dalam bidang kedokteran, ketuhanan, maupun agama.

Apa gagasan utama pemikiran pendidikan Ibnu Miskawaih?

Menurut Ibn Miskawaih, tujuan pendidikan akhlak adalah terwujudnya sikap batin yang mampu mendorong secara spontan untuk melahirkan semua perbuatan yang bernilai baik sehingga mencapai kesempurnaan dan memperoleh kebahagiaan sejati dan sempurna.

Apa pengertian akhlak menurut Ibnu Miskawaih?

Ibnu Miskawaih memberikan pengertian karakter (khuluk) adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorong untuk melakukan sesuatu perbuatan tanpa melalui pertimbangan fikiran terlebih dahulu.

Apa yang paling mendasar pemikiran pendidikan Islam perspektif Ibnu Miskawaih?

Menurut Ibnu Miskawaih, pendidikan memiliki tujuan mewujudkan pribadi susila dan budi pekerti mulia. Tujuan pendidikan akan tercapai apabila pendidik terlebih dahulu mengetahui watak manusia, sehingga dapat mengatur strategi bagaimana cara mengatur manusia dari watak yang berbeda-beda.

Apa yang paling mendasar pemikiran pendidikan islam perspektif Ibnu Miskawaih?

Bagaimana pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan?

Pemikiran al-Ghazali mengenai pendidikan secara umum bersifat religius- etis. Menurut al-Ghazali (1996:13), pendidikan yang benar merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pendidikan juga dapat menghantarkan manusia untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.