Apa yang dimaksud teori relativitas umum?

Relativitas umum (bahasa Inggris: general relativity) yaitu sebuah teori geometri tentang gravitasi yang diperkenalkan oleh Albert Einstein pada 1916. Teori ini yaitu penjelasan gravitasi termutakhir dalam fisika modern. Dia menyatukan teori Einstein sebelumnya, relativitas khusus, dengan hukum gravitasi Newton.

Apa yang diprediksi teori relativitas umum?

Teori ini memprediksikan adanya keberadaan daerah lubang hitam yang ruang dan waktunya sama sekali tidak terdistorsi, bahkan cahaya pun tidak dapat lolos darinya. Melengkungnya cahaya oleh gravitasi dapat menyebabkan fenomena pelensaan gravitasi. Relativitas umum juga memprediksikan keberadaan gelombang gravitasi.

Bagaimana pandangan Einstein terhadap gravitasi pada teori relativitas umum?

Gravitasi merupakan konsekuensi kenyataan massa mendistorsi ruang-waktu sehingga akan melengkung. Dalam teori relativitas umum, Einstein dapat menjelaskan tentang pengaruh gravitasi pada cahaya. Ia menunjukkan bahwa lintasan cahaya dapat membelok ketika berada di sekitar benda-benda luar angkasa.

Apa saja kontribusi relativitas umum?

Apa Saja Kontribusi Relativitas Umum?

  • Lubang Hitam. Citra pertama Lubang Hitam di pusat M87 yang dipotret oleh Event Horizon telescope.
  • Pemuaian Alam Semesta. Jejak evolusi alam semesta.
  • Alam Semesta nan Gelap.
  • Gelombang Gravitasi.
  • Relativitas Umum dalam Kehidupan Sehari-hari.

Apa itu gravitasi menurut Einstein?

Bersebrangan dengan Newton, Einstein menyatakan bahwa materi dan energi mendistorsi geometri alam semesta dan menyebabkan efek yang kita sebut gravitasi. Artinya, alam semesta dinamis.

Mengapa muncul teori relativitas?

Karena Einstein percaya bahwa hukum-hukum fisika bersifat lokal, dijelaskan oleh medan lokal, ia menyimpulkan dari hal ini bahwa ruang-waktu bisa melengkung lokal. Hal ini menyebabkan dia untuk belajar geometri Riemann dan merumuskan relativitas umum dalam bahasa ini.

Apa yang terjadi jika benda bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya jelaskan dengan teori Einstein?

Einstein menyadari bahwa saat bergerak dengan kecepatan cahaya, benda akan terlihat memendek. Pemendekan ini disebut dengan kontraksi panjang atau konstraksi Lorentz. Saat benda bergerak mendekati kecepatan cahaya, massa benda tersebut akan bertambah.

Apa yang mendasari munculnya teori relativitas Einstein?

Munculnya relativitas umum Seperti Einstein kemudian mengatakan, alasan pengembangan relativitas umum adalah preferensi dari gerak inersia dalam relativitas khusus, sedangkan teori mengenai gerak yang ada sebelumnya tidak memuaskan. Dalam artikel yang sama, Einstein juga meramalkan fenomena dilatasi waktu gravitasi.

Siapa penemu kecepatan cahaya?

Pada tahun 1905, Albert Einstein menghitung kecepatan cahaya. Menurut pakar fisika tersebut, cahaya bergerak dengan kecepatan 299.792 kilometer per detik.

Apa yang mendasari teori relativitas khusus Einstein?

Teori relativitas khusus disandarkan pada postulat bahwa kecepatan cahaya akan sama terhadap semua pengamat yang berada dalam kerangka acuan lembam. Postulat lain yang mendasari teori relativitas khusus adalah bahwa hukum fisika memiliki bentuk matematis yang sama dalam kerangka acuan lembam manapun.

Bagaimana prinsip GPS menggunakan penerapan teori relativitas?

Prinsip kerja GPS yang menggunakan satelit dan stasiun bumi juga dianggap menggunakan efek dari Teori Relativitas. Untuk mendapatkan akurasi lokasi GPS kepada pengguna, satelit akan mengirimkan data ke stasiun bumi dan kemudian stasiun bumi akan meneruskannya ke alat GPS masing-masing.

Bagaimana teori relativitas diterbitkan?

Salah satu teorinya yang paling terkenal adalah teori relativitas. Gagasan ini diterbitkan Einstein dalam dua tahap. Pertama ia menerbitkan teori relativitas khusus di tahun 1905. Sepuluh tahun kemudian, barulah teori relativitas umum dipublikasikan.

Apa yang mendasari teori relativitas khusus?

Postulat lain yang mendasari teori relativitas khusus adalah bahwa hukum fisika memiliki bentuk matematis yang sama dalam kerangka acuan lembam manapun. Dalam teori relativitas umum, postulat ini diperluas untuk mencakup tidak hanya kerangka acuan lembam, tetapi menjadi semua kerangka acuan.

Apakah Einstein mempublikasikan teori relativitas khusus?

Satu dekade kemudian, Einstein mempublikasikan bagian keduanya yakni teori relativitas umum. Teori relativitas khusus mengacu pada dua konsep:

Apakah teori relativitas terasa sulit?

Teori relativitas terasa sulit karena kita hanya mempelajari konsepnya namun tidak pernah familiar dengan konsep itu sendiri. Misalnya, dahulu kala di zaman pertengahan, sebelum orang memiliki cukup pengetahuan bahwa bumi ini adalah bulat, akan sangat susah sekali menerima konsep bahwa bumi ini bulat.